Kamis, 27 Agustus 2009

Virus….Kenapa Harus Virus………!!!???


Virus….Kenapa Harus Virus………!!!???

Dalam perjalananya di tahun 2009 temen pasti masih trauma dengan yang namanya VIRUS….Apa lagi buat temen – temen mahasiswa yang sering gonta – ganti pasangan (jangan tersinggung)……maksudnya flashdisk. Nach kalo virusnya dari Flashdisk kita ato punya temen kita yang lagi connected di CPU ato NB kita untuk bahan kuliah ato tugas gimana? Pasti mau gak mau harus di pake kan flashdisk-nya….Pasti kita jadi ketir – ketir khan….apa flashdisk-nya terkontaminasi ama virus ato apa ntar kalo ada virus di computer kita yang disalahkan gara – garanya habis pake flashdisk temen yang buat gonta – ganti pasangan (Flashdisk ke CPU/NB laen) yang bikin computer kita jadi malah Hank….Nach jadi kalian ntar malahan jadi sock trauma dengan yang namanya virus karena sering gonta – ganti flashdisk….
Kalian pasti kesal ‘n’ marah kalo computer ato NB kalian kena virus. Apalagi kalo file autorun.inf ama file – file.exe aneh yang keluar truz ngak bisa di hapus….padahal file – file kayak gitu yang bikin adanya virus di dalam computer kita. Bahkan kalo dah pake yang namanya administrator-pun, file autorun.inf (ama grombolannya) belum berhasil di hapus pasti akan muncul keterangan bahwa file – file itu kagak bisa di akses…”segera hubungi administrator”…..Aneh yach…???
Nach….di sini kalian kagak usah bingung apalagi kuatir kalo ada masalah kayak gitu…..Nich aku kasih tau langkah – langkahnya biar si virus jadi keok…..soalnya mboknya file virus yang bikin virus dah kita hapus ato kill….
1. Yang pertama matikan System Restore, caranya….
a. Open Control Panel
b. Klik System
c. Beri tanda contreng pada Turn Off System Restore on All Drivers
d. Trus tutup sambil tekan tuilisan OK….
2. Langkah Kedua adalah langkah pencegahan sebagai tindak lanjut langkah pertama
a. Klik tombol Start >> Run
b. Ketik gpedit.msc, maka akan muncul Windows Group Policy
c. Trus klik pada User Configuration >>Administrative Templates >> System
d. Klik 2x pada Don’t Run Specified Windows Application >> Pilih Enable >> Klik Tombol Show
e. Setelah itu kalian tambahin file yang kalian curigai sebagai virus, seperti : wscript.exe, winxp.vbs.dll, ms32.vbs.dll, dan seterusnya…..kalo ditulis semua ntar kagak cukup monitornya….
3. Nach kalo langkah 1 ama langkah 2 dach dikutak kutik…kalian bisa lihat file autorun.inf tidak bisa langsung terbaca apalagi kalo di hapus…Soalnya file ini sengaja sembunyi alias hidden dan seolah – olah sifatnya kayak file system pada windows. Makanya harus kalian ubah dulu……….Caranya….
a. Klik tombol Start >> Run
b. Ketik CMD
c. Nach jika flashdisk ada pada drive f:, ketik f: plus pencet enter…habis gitu ketik attrib –s –h –r –a - /s /d
Secara umum file virus terdiri dari autorun.inf dan file yang berupa folder tiruan yang memiliki size lebih sedikit ama ikon – ikon yang aneh. Misalnya ikon JPG yang berekstensi .exe ato doc.exe tapi bisa juga folder yang memiliki ekstensi .exe.
Nach file – file tersebut harus dihapus, caranya bisa langsung di delete ato jika gagal, hilangkan melalui cmd. Caranya masuk seperti diatas alias masuk dulu ke drive flashdisk kemudian ketik : del /a /s /f /q nama file.exe (tulisan miring isi dengan nama file yang akan dihapus lengkap dengan ekstensinya) kenudian tekan enter.
Dan hasilnya……….flashdisk-nya dach bersih dari virus, tapi dengan catatan computer yang dipake untuk hal tersebut harus juga bersih dari virus….biar kagak sia – sia usaha kalian…..Okey moga manfaat buat kita semua……

Surabaya, 15 April 2009
Info ini diunduh dari RADNET dan merupakan hasil jiplakan dari Harian pagi SURYA tanggal 04 Januari 2009 tapi sudah di kutak – kutik n dibuktikan langsung ama penulis n kroni – kroninya lhoch……..
Trus juga kita sampaikan makasih buat mas Kresno yang dach buka blog yang mungkin bisa bermanfaat buat kita semua…see u next time pada info yang laen di http://kresnobagiilmu.blogspot.com
Dari Sang Penulis….Untuk Kita Semua….
Nora-RJSD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar